Minggu, 30 Maret 2014

TIPS MINUM YANG SEHAT DAN MAKANAN YANG BERGIZI

Tips minum :
Kebutuhan cairan tubuh tak hanya berasal dari konsumsi air putih saja, melainkan juga dari makanan dan minuman yang mengandung air. Meskipun begitu, akan jauh lebih baik bila kita memilih untuk mengkonsumsi air putih ketimbang jenis minuman lainnya yang banyak mengandung gula, kalori, kafein dan zat-zat lainnya.kebutuhan minum manusia sehari adalah 2 liter/hari
Berikut ini tips mengonsumsi air putih:
1. Minumlah sehabis makan untuk melancarkan proses pencernaan.
2. Minumlah air di antara waktu-waktu makan untuk menjaga kecukupan kebutuhan harian air.
3. Minum 500 cc air putih saat bangun tidur sebelum gosok gigi.
4. Minum air dengan suhu sedang (sesuai dengan suhu tubuh) untuk mengurangi pengeluaran kalori akibat menghangatkan suhu air, kecuali jika anda sedang diet.
5. Minumlah 1-2 gelas air putih setelah selesai kencing pada malam hari untuk menghindari serangan jantung mendadak.
6. Minum air putih sebelum makan bagi yang ingin berdiet.
7. Minumlah air putih sebelum, saat dan setelah berolahraga.

Sumber Zat Gizi dalam Makanan :
Untuk menunjang gaya hidup sehat dengan asupan makanan yang bergizi tinggi, sebaiknya kita, terutama para ibu, mengetahui makanan apa saja yang tergolong sehat dan menjadi menu wajib dalam keluarga. Berikut adalah sumber makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anda dan keluarga.
• Untuk memenuhi kebutuhan protein nabati, pilihlah kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu kedelai. Sedangkan untuk protein hewani dan zat besi, Anda bisa mengonsumsi daging unggas atau hewan berkaki empat tanpa lemak, putih telur, dan ikan.
• Untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan anti oksidan rajinlah mengonsumsi buah-buahan yang berwarna merah dan kuning, seperti jeruk, pepaya, wortel, strawberry, dan sebagainya.
• Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, sebaiknya Anda memilih konsumsi karbohidrat kompleks yang bisa didapatkan dari gandum dan beras merah, daripada karbohidrat olahan pada produk roti atau beras putih karena bisa meningkatkan kadar gula darah.
• Sebaiknya mulai sekarang biasakanlah lebih banyak minum air putih biasa dari pada minuman lain untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik dan membantu meluruhkan racun-racun dalam tubuh melalui air seni
• Hindarilah makanan kaleng, makanan yang banyak mengandung MSG dan pengawet karena dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi terus menerus.
Selain komposisi makanan sehat dan seimbang dalam menu sehari-hari, ada faktor lain yang ikut mempengaruhi kesehatan anda dan keluarga

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More